Konsep Pemodelan Grafik

Konsep Pemodelan Grafik

1.     Pengertian Desain

Desain : Cermin Peradaban
·        Desain, adalah karya fisik yang lahir dari pertimbangan pikir, gagas, rasa,dan jiwa penciptanya, yang didukung oleh dukungan ilmu, teknologi, sosial,tata nilai, budaya, estetika, ekonomi, politik, hingga proyeksi masa depan.

Desain Modern
·        Karya dan kegiatan desain dapat diinterpretasikan sebagai satu atausekelompok "tanda" bermakna budaya, atau diinterpretasikan sebagai "kode"dalam konteks kebudayaan.

2.     Pengertian Pemodelan Grafis

Pemodelan
Pemoodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang . Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek, Proses pemodelan ini memerlukan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.

Grafik
Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan melakukan proses percetakan

Desain Grafik
Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.


3.     Prinsip Desain Grafis

·        Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.

·        Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.

·        Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.

·        Penekanan (Aksentuasi)
Dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.

·        Irama (Repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama.

4.     Unsur Desain Grafis

·        Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lainnya.

·        Bidang (Shape)
Bidang atau biasanya juga disebut shape merupakan segala bentuk apapun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris seperti (lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran, dan sebagainya) dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan.

·        Tekstur (Texture)
Dalam desain grafis tekstur adalah nilai halus dan kasarnya sebuah benda, atau juga bisa disebut nilai raba. Penggunaanya dapat dimayakan untuk memberikan visual yang berkesan dan berkarakter

·        Ruang (Space)
Ruang atau space merupakan jarak anatara suatu bentuk dengan bentuk yang lainnya, yang pada desain grafis biasanya dapat dijadikan sebagai unsur pemberi efek estetika desain.

·        Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain grafis yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.

·        Warna (Colour)
Warna adalah elemen dari unsur desain grafis yang menjadi penarik perhatian paling utama. Penggunaan warna yang tepat akan berbanding lurus dengan kualitas, citra, keterbacaan, dan penyampaian pesan dalam desain tersebut.



Referensi :
https://ilmuseni.com/seni-rupa/seni-grafis/unsur-desain-grafis (Diakses pada minggu, 24 September 2017 pukul 12:01)


https://www.scribd.com/doc/47889248/SEJARAH-DESAIN (Diakses pada minggu, 24 September 2017 pukul 11:45)

Mutiara, Achmad Benny dan Rina Refianti.2016.Desain Pemodelan Grafik: Pemodelan Facade.Penerbit Gunadarma.

0 komentar:

Posting Komentar